Cara Menonaktifkan Hyper V

Ringkasan
VirtualBox, VMware Workstation, dan VMware Player tidak berfungsi pada mesin dengan Hyper-V diaktifkan. Instruksi ini akan memungkinkan Anda untuk menggunakan Hyper-V dan VMWare atau VirtualBox pada mesin yang sama, tetapi tidak secara bersamaan. Reboot diperlukan ketika beralih di antara aplikasi virtualisasi.

Deskripsi masalah
Hyper-V adalah hypervisor tipe 1, berjalan langsung pada perangkat keras host. Dengan Hyper-V diaktifkan, Windows 10 dimuat sebagai mesin virtual dan tidak lagi memiliki akses ke ekstensi VT-x dari CPU yang dibutuhkan oleh hypervisor tipe 2. Hyper-V dimuat sebelum Windows dan mengambil kendali VT-x.

VirtualBox dan VMware Workstation (atau VMware Player) adalah hypervisor tipe 2, berjalan sebagai aplikasi di Windows 10, yang ditampilkan sebagai kotak biru bertanda Sistem operasi dalam diagram. Dalam hal ini, Windows 10 berkomunikasi langsung dengan perangkat keras host. Itu tidak menggunakan ekstensi VT-x dan ini tersedia untuk digunakan oleh hypervisor tipe 2.

Karena hanya satu hypervisor pada satu waktu dapat mengendalikan dukungan prosesor VT-x, tidak mungkin untuk menjalankan hypervisor tipe 2 saat Hyper-V diaktifkan. Untuk mengatasi konflik ini, kami akan membuat opsi menu boot baru yang me-reboot komputer dengan Hyper-V dinonaktifkan sementara. Ini akan memungkinkan peralihan antara Hyper-V dan VirtualBox, VMWare Workstation, VMWare Player, atau hypervisor tipe 2 lainnya dengan me-reboot dan memilih untuk sementara menonaktifkan Hyper-V.

Cara untuk menonaktifkan Hyper V adalah..
Buka command from / cmd (di rekomendasikan menggunakan administrator)

bcdedit /set hypervisorlaunchtype off


Semoga Bermanfaat
Penulis : Een Pahlefi,S.Kom

Subscribe to receive free email updates: