Tips Desain dan Rancangan Stabilkan Game Online

Networking 
Kali ini suneo akan memaparkan seputar konsep memaksimalkan jaringan RT RWNet
Pertanyaan yang sering muncul adalah?
Saya punya bandwith 4 Line (ISP) mengapa bermain game online masih saja nge lag (ping besar, merah dsb) ?

1. Apabila anda menggunakan ISP berbasis fiber optik, anda harus pastikan kualitas link fiber optik tidak bermasalah.
apabila merek nya ZTE/Huawei biasanya di sekitaran -18 sd -25 dBm (ideal).

2. Pastikan pengaturan bandwith anda sudah benar, misalkan anda memisah jalur game dan browsing (traffik youtube dsb) jangan sampai saat traffik nya padat,
alokasi untuk bandwith game juga kehabisan (tidak kebagian), maka dari itu perlu manajemen traffik bandwith yang benar (teknis).

3. Selanjutnya di level access point, kita harus meminimalisir interferensi signal (usahakan jangan sampai tumpang tindih, aman nya sih channel 1,3,6,11 (2,4 Ghz).
Kemudian access point itu biasanya tergantung chipset, kalo chipset nya murah meriah, paling banter client yang di handel hanya maksimal 5-7 dan bisa di pastikan type antena external mesti jenis SISO.
Maka saya sarankan anda beli type antena jenis MIMO dan terlebih lagi support protokol AC

4. Latency merupakan salah satu faktor penting dalam dunia game, umum nya game berjalan di koneksi UDP, kalian bisa mengecek berapa latency dengan tujuan ip game tersebut.
Semakin routing nya pendek "traceroute", maka semakin bagus pula latency nya. (ideal nya 15 ms sd 50 ms)

Apabila 4 langkah di atas anda desain dan rancang dengan benar, maka saya pastikan game online anda akan stabil, apakah VPN perlu? no no no..
Walaupun teori di atas kertas sudah matang, mesti ada2 saja rintangan di lapangan yang tidak terfikirkan.

Semoga tulisan diatas menjadi bermanfaat bagi teman teman semua nya, adapapun kesalahan dalam penulisan mohon agar memberikan saran di kolom komentar

Semoga Bermanfaat
Penulis : Een Pahlefi,S.Kom 

Subscribe to receive free email updates: