Mempercepat Respon Browsing Menggunakan DNS Server di DietPie

Helo saya Een Pahlefi, kali ini saya akan melanjutkan postingan yaitu membuat mini dns server menggunakan dnsmasq, sebelum nya saya sudah menulis tata cara menginstall diet pie di orange PI, bagi agan - agan yang belom sempat liat, bisa di lihat disini.................

DNS server merupakan sebuah layanan yang fungsinya adalah menerjemahkan alamat IP ke domain, atau domain ke IP.. IP disini ialah IP local atau IP Public..

Secara logika, saat kita menulis www.facebook.com maka sebenarnya komputer mencari siapa pemilik IP Address www.facebook.com, karena komputer tidak mengenal domain, dia harus bertanya terlebih dahulu ke database dns server, DNS server sendiri bertingkat -tingkat, untuk lebih jelasnya silahkan baca google, hehehe..

Intinya gini, saat komputer meminta request domain, apabila tidak ada di local, maka dia akan bertanya ke root server dns, nah saat permintaan root server dns tersebut, kita memerlukan bandwith sekian second (satuan ms), kalo request nya sedikit sih gk masalah, tapi kalo request nya banyak dan itu dilakukan satu waktu, lumayan padat juga bukan?.. dari situ kita bisa memanipulasi nya agar sebelum dia bertanya ke root server dns, dia bertanya dulu di local dns server yang kita buat, pada akhirnya respon yang padat tadi, akan berkurang drastis.. intinya biar browsing nya resposive..

trus apakah sama  dengan proxy server? hmmm.. secara logic sama, bedanya kalo DNS Server hanya mencache domain/ip nya, sedangkan proxy server berserta konten konten nya..

kenapa gk sekalian aja bikin proxy server? kalo tahun 2010 mungkin masih relevan, tapi seiring perkembangan teknologi, http banyak kekurangan nya, salah satu nya security, nah era sekarang website banyak https, proxy server sudah tidak relevan digunakan untuk caching.. walaupun sebagaian temen teman masih ngoprek sih.. kalo saya angkat tangan udah, haha..

baiklah langsung saja ke pembahasan..

kita login root dulu..
kemudian kita tulis perintah.

#apt-get install dnsutils
#apt-get install dnsmasq

Kita edit file nya di nano /etc/dnsmasq.conf kita hapus semuanya, kita ganti dengan ini.

listen-address=192.168.55.2
port=53
interface=eth0
bind-interfaces
#user=dnsmasq
#group=dnsmasq
#pid-file=/var/run/dnsmasq.pid

#
# Logging
#

#log-facility=/var/log/dnsmasq.log
#log-queries

#
# Name resolution options
#

strict-order
domain-needed
bogus-priv
no-hosts
dns-forward-max=300
cache-size=2048
log-async=5
no-negcache
neg-ttl=3600
min-port=4096
stop-dns-rebind
rebind-localhost-ok
clear-on-reload
dns-loop-detect
no-resolv
filterwin2k
#resolv-file=/etc/resolv.personal
no-poll
server=208.67.222.222
server=208.67.222.220

sesuaikan dengan ip address local kalian.. perhatikan tanda merah..

kalo sudah kita save, dan kita restart dnsmasq nya.



#etc/init.d/dnsmasq restart

Jangan lupa untuk mengarahkan dns server nya agar selalu bertanya kearah dnsmasq ..
setting dibagian nano /etc/resolv.conf

nameserver 208.67.222.222
nameserver 208.67.222.220



Sekarang apabila sudah diyakini running dnsmasq nya, kita arahkan semua pelanggan DHCP Client kita DNS nya mengarah ke DNS Server kita..



Nah kita tunggu 1 hari kemudian, dan rasakan bedanya..
Terima kasih untuk guru saya yaitu cak Riski Amaluddin dan konco konco lain nya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Semoga Bermanfaat
Penulis : Een Pahlefi,S.Kom

Subscribe to receive free email updates: