Signal Range di Access List Menggunakan CAPsMAN

Salah satu fitur yang tidak kalah bagus nya di routerOS adalah fitur Signal Range, yang mana kita bisa memfilter sesuai kebutuhan kita.

Seperti yang kita tau sendiri bahwa signal terbaik untuk memulai koneksi ke wireless di kisaran -30 dBm sd -70 dBm, walaupun di beberapa literatur mengatakan -30 dBm sd -65 dBm.


Kali ini saya akan memberikan suatu penjelasan dan contoh dalam penerapan signal range ini.

Saya mempunyai topologi sebagai berikut.
1. CAPsMAN
2. 4 buah device HP sebagai contoh.

Gambaran topologi nya seperti ini.


Terlihat bahwa diarea warna biru, 2 buah HP berkisaran sekitar Signal -80 dan -70, sedangkan di area warna merah, 2 buah HP berkisaran sekitar Signal -80 dan -90.

secara default, mikrotik akan menerima 4 buah device HP..
kemudian saya mempunyai rule sebagai berikut

/caps-man access-list
add action=accept disabled=no interface=all signal-range=-80..120 ssid-regexp=""
add action=reject disabled=no signal-range=-120..81 ssid-regexp=""

dalam posisi signal seperti gambar diatas, device HP di area warna biru ketika akan terkoneksi dengan Access Point, langsung diterima atau di accept dan dieksekusi oleh rule

add action=accept disabled=no interface=all signal-range=-80..120 ssid-regexp=""

akan tetapi ketika device HP di area warna merah ketika akan terkoneksi dengan access point, jelas, langsung akan di reject oleh access point, karena rule yang mengeksekusi adalah rule

add action=reject disabled=no signal-range=-120..81 ssid-regexp=""

anda sudah bisa mengerti bukan? berarti area warna merah jelas gk bisa konek, toh  walaupun dia terkoneksi, kualitas link nya juga gk bagus bukan? ..

nah, solusi nya bagaimana? ya jelaslah device HP di area warna merah, harus mendekat dulu ke, setidak nya signal nya harus dibawah range -81.



dengan begitu, semua area warna biru, dan warna merah, akan terkoneksi dengan baik, sesuai rule yang kita terapkan, begitu lah kira - kita penjelasan nya.

Semoga Bermanfaat
Penulis : Een Pahlefi,S.Kom

Subscribe to receive free email updates: