Tips memilih VPN Terbaik Agar Tepat Secara Kebutuhan

VPN sendiri adalah singkatan dari Virtual Private Network, yang dimana tujuan nya adalah agar kita bisa berkomunikasi dengan komputer/alamat ip tujuan secara pribadi
biasanya VPN ini digunakan orang orang untuk membuka akses yang terblokir, atau juga digunakan untuk mengakses sumber daya kantor, agar seolah olah kita berada di jaringan kantor, padahal kenyataan nya kita tidak sedang berada di dalam kantor.


Akhir akhir ini, tepat nya di bulan ramadhan 2018, sedang booming2 nya VPN, salah satu nya digunakan untuk VPN game online..
Akan tetapi, ini menjadi berkah tersendiri bagi yang jualan VPN. tulisan kali ini saya akan membahas dan membandingkan beberapa VPN yang pernah saya coba, dan membandingkan nya..

Bahan bahan uji coba saya
1. Komputer
2. Internet Indihome 20 Mbps, lokasi banjarmasin
3. Account trial dari kang wenas, yang berlokasi dari singapore.
4. VPN saya sendiri yang ada di jakarta
5. Alamat tujuan yaitu 161.202.207.186. salah satu hosting yang dipakai oleh mobile legend.

Secara konsep diatas kertas, pilihlah latency yang paling minim dan hop yang paling pendek..
Traceroute menggunakan koneksi indihome
Gambar diatas merupakan pengujian menggunakan koneksi indihome, artinya ini adalah koneksi asli bawaan saya, terlihat jelas latency yang didapatkan kisaran 21.1 ms dan hop yang lewati untuk mencapai tujuan adalah 10 hop.

Selanjutnya adalah penampakan menggunakan VPN Pribadi saya
Traceroute menggunakan koneksi VPN Pribadi
Gambar diatas merupakan pengujian menggunakan VPN yang terkoneksi menggunakan PPTP Client, latency yang didapatkan kisaran 34.1 ms dan hop yang di lewati untuk mencapai tujuan adalah 9 hop.
artinya disini latency nya meningkat.
Kenapa meningkat? karena proses encapsulation dan decapsulation dari karakteristik PPTP Client itu sendiri, belum lagi ditambah header beberapa byte yang menyebabkan bertambah nya nilai latency tersebut, efek nya adalah router kita akan bekerja lebih extra dari biasanya. lebih jelas nya bisa lihat disini .

Selanjutnya adalah penampakan VPN om wenas, om wenas sendiri adalah seorang admin group Wadah Belajar / Konsultasi RT/RW Net Gratis , beliau dengan suka rela memberikan trial nya kepada kami - kami yang baru belajar ini, untuk merasakan bandwith RT RW IX nya... walaupun sebenarnya itu hanya trial, tapi kami tetap bersyukur, hehe..


Gambar diatas merupakan pengujian menggunakan VPN om wenas yang terkoneksi menggunakan PPTP Client, latecy yang didapatkan kisaran 22.9 ms dan hop yang dilewati untuk mencapai tujuan adalah 7 hop. artinya latency nya disini lebih bagus dari VPN pribadi saya, mengapa demikian, karena ip tujuan 161.202.207.186 sangat berdekatan router nya dengan VPN kepunyaan om wenas, istilah teknis nya adalah peering, otomatis hop nya lebih dekat.

Dari kesimpulan tulisan diatas, point yang paling penting adalah.
1. Dimana lokasi server tujuan
2. Dimana lokasi VPN yang paling dekat dengan server tujuan
3. Koneksi yang kita miliki, apakah shared/dedicated, karena apabila shared, biasanya traceroute koneksi kita lebih panjang hop nya, sedangkan dedicated traceroute koneksi kita lebih pendek hop nya.
4. Terakhir adalah kualitas SLA dari VPN yang kita sewa, hehehe.. semakin mahal VPN yang kita sewa, maka semakin bagus SLA yang didapat, ada harga ada rupa.

Semoga Bermanfaat
Penulis : Een Pahlefi,S.Kom

Subscribe to receive free email updates: