Pemasangan Hotspot Nano Station M2

Ditanggal 17 Agustus 2017 tepat indonesia merayakan hari kemerdekaan nya yang ke - 72 saya Een Pahlefi mendapat sebuah pekerjaan dari rekan saya yaitu Cholid , yang sebelum nya di seorang pengusaha warnet di banjarmasin, yang letak nya di Jl.Cempaka Raya (Cempaka.Net) beliau sebelum nya sudah mempunyai usaha warnet yang sudah begitu lama (sekitar 7 tahun) akan tetapi beliau ingin menambah nilai plus usaha nya yaitu dengan cara menambah hotspot/wifi di sekitaran warnet beliau.

Negosiasi pun dilakukan dengan saya yaitu mulai pemilihan alat access point dan peralatan lain nya yang menunjang usaha tersebut. Alhasil dipilih lah radio access point yaitu Nano Station M2 yang bermerek ubiquity dan kabel LAN yang di hubungkan ke router mikrotik nya yaitu tipe CAT 6,

Sebelum nya kami membeli kabel CAT 5 merek belden, entah kenapa ketika di pasang di Nano Station M2 menyala, tapi gagal transmit, dan akhirnya ketika di coba menggunakan CAT 6, tidak menemui kendala yang berarti.

Berdasarkan pengalaman dilapangan, bahwa Nano Station M2 ini jangkauan nya tidak terlalu jauh, paling sekitar 50-100 meter, akan tetapi miliki pancaran yang kuat/fokus ketika radio ini diarahkan ke arah tertentu. Untuk ketinggian sendiri tidak terlalu jauh yaitu sekitar 12 meter dari tanah.

Sebelum nya router mikrotik beliau menggunakan RB750 (jaman bahula) dan akhirnya saya juga merekomendasikan untuk mengganti alat tersebut ke RB750Gr3 dikarenakan bandwith yang dimiliki beliau sudah mencapat Up to 100 Mbps

Demikianlah pengalaman pemasangan hotspot Nano Station M2 saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya..

Penulis : Een Pahlefi,S.Kom
Nano Station M2
Pemasangan Nano Station M2

Subscribe to receive free email updates: